Lagu Pop Daerah Kaltim akan Menasional

July 21, 2014 by: admin

Lagu-lagu pop daerah Kaltim bisa ‘berbicara’ di level Nasional. Dinyanyikan orang banyak seperti halnya lagu-lagu Melayu dan Minangkabau dari Sumatera, lagu-lagu Daerah Jawa, Sunda, Sulawesi, Papua dan lainnya. Kaltim pasti akan semakin dikenal dan bagi masyarakatnya, merupakan suatu kebanggaan.

Demikian harapan yang dikemukakan Asisten IV Bidang Administrasi Umum Sekprov Kaltim Dr HM Aswin pada malam final lomba cipta lagu dan festival lagu pop Daerah Kaltim yang berlangsung di Studio LPP RRI Samarinda Sabtu malam (17/3).

“Bukan mustahil hal ini bisa terjadi, karena lagu-lagu pop daerah Kaltim selama ini juga sudah cukup banyak, sementara dari segi bahasa dan irama musiknya juga tidak jauh besa dengan lagu-lagu Banjar dari Kalsel. Kalau lagi-lagu Banjar sudah bisa menasional, seharusnya lagu-lagi Kaltim juga bisa,” ujar Aswin.

Oleh karena itu lanjutnya, hal ini merupakan satu tantangan bagi para pencipta lagi dari Kaltim,” tandasnya.

Menurut Aswin yang malam itu bersama istri Futum Hubaib didaulat menyanyikan lagi daerah Kutai Nasi Bekepor, Pemerintah Provinsi Kaltim pada prinsipnya mendukung dan memberikan apresiasi yang baik kepada para pencipta lagu dan para penyanyi daerah. Untuk itu, lomba cipta lagu dan lomba lagu pop Daerah Kaltim perlu terus dilanjutkan pada tahun mendatang.

Hal senada juga dikemukakan Kepala LPP RRI Samarinda Hendro Prasetyo. ”Setahu saya jika ada pergelaran kesenian berskala Nasional perwakilan dari Kalimantan selalu tampil lagu Banjar seperti Paris Barantai atau Ampar-ampar Pisang.Nah lagu dari Kaltim mana? Inilah saatnya lagu-lagu pop daerah Kaltim bangkit, karena Kaltim itu etnisnya cukup beragam dan memiliki potensinya masing-masing,” katanya.

HM Thamrin, selalu Pantiia lomba mengatakan, pihaknya pada mulanya sempat pesimistis karena sedikit pendaftar. ”Tapi Alhamdulillah, menjelang lomba dimulai, pendaftar bertambah banyak sesuai harapan,” katanya.

Dari sejumlah pendaftar cipta lagu yang kemudian dinilai oleh dewan juri, maka akhirnya berhasil keluar sebagai juara I Heronemus Rian dari Long Bagun Kutai Barat dengan lagu ciptaannya yang berjudul Teparak Kerine (Petuah/Nasihat), juara II, Husni Mubarak dari Kutai Kartanegara dengan judul lagu Kesah Pulau Kumala, juara III Sudarmaji dan Sy Firdaus dengan judul lagu Rondong Demang.

Kategori putra festival lagu pop daerah keluar sebagai juara I M Rifai dari Samarinda yang menyanyikan lagu Kuitanku (Orangtuaku).  Juara I putri Rabiatul Maulida dari Samarinda menyanyikan lagu Samarinda Kota Tepian.  Lainnya, juara II, III dan Harapan I dan II putra masing-masing Hidayat Syawal, Reinaldy Kamaruddin, Dedi Hermansyah dan M Dian Andi Hidayat. Sedangkan kategori putri Swastiana Putri, Adelia Caesarine, Angriliani Vica dan Zahratunnisa.

HM Aswin dan Istri malam itu juga bertindak selaku Dewan Juri Kehormatan yang diminta untuk menentukan pemenang Favorit untuk peserta yang berpenanpilan menarik yang akhirnya dimenangkan oleh M Rifai dan Swastiana Putri.(ina/adv)

Incoming search terms:

Lagu kutai Nasi bekepor

Leave a Reply